Maraknya penggunaan transaksi cashless membuat salah satu produsen ponsel terbesar sekelas Samsung tergiur untuk ambil bagian. Dengan meluncurnya aplikasi Samsung Pay yang secara otomatis terpasang di ponsel Samsung Android 10 ke atas, tentu penggunaan gerbang pembayaran ini cepat atau lambat akan menjadi sebuah tren baru.

Cara Menggunakan Samsung Pay
Cara Menggunakan Samsung Pay

Di Indonesia sendiri, aplikasi Samsung Pay baru dapat diintegrasikan dengan salah satu dompet digital dalam negeri yang berada dibawah payung EMTEK Group yaitu DANA. Oleh karenanya, lewat tulisan ini, Karinov akan memberikan step-by-step guide bagaimana mengintegrasikan aplikasi Samsung Pay yang ada di ponsel Android kamu dengan akun DANA.

Cara Menambahkan akun DANA di Samsung Pay

Sebenarnya, tidak sulit untuk menambahkan akun e-wallet DANA di aplikasi Samsung Pay. Kamu hanya membutuhkan akun DANA baik itu tipe user atau tipe premium untuk bisa menggunakan fitur pembayaran di Samsung Pay. Jika belum memiliki akun DANA, kamu bisa mempelajarinya di cara membuat akun DANA tanpa verifikasi KTP ini.

Setelah akun DANA kamu sudah aktif, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menambahkan akun DANA di Samsung Pay:

  1. Buka dan setup aplikasi Samsung Pay

    Jika ini merupakan kali pertama kamu membuka aplikasi Samsung Pay, kamu terlebih dahulu harus menyetujui kebijakan aplikasi tersebut untuk melanjutkan proses penggunaan Samsung Pay. Klik tombol Continue yang ada di bagian bawah aplikasi tersebut lalu lanjutkan hingga tampil Samsung Account yang ada di ponsel Android Anda.

    Izin Akses Samsung Pay

  2. Masuk ke bagian Wallet

    Setelah proses setup awal selesai, maka akan muncul tampilan Home Samsung Pay. Klik tombol Get Started yang ada di tengah aplikasi atau pilih tab Wallet dibagian bawah aplikasi. Setelahnya, klik tombol Setup dibagian DANA seperti gambar dibawah ini dan klik SETUP sekali lagi yang ada dibagian bawah aplikasi.

    Apps Samsung Pay

  3. Masukkan nomor ponsel akun DANA

    Seteah melewati tahap nomor 2, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel akun DANA. Masukkan nomor yang sudah terdaftar di aplikasi DANA atau ikuti tahapan cara membuat akun DANA dibagian atas jika Anda belum memilikinya. Selanjutnya kamu tinggal memasukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS di aplikasi Samsung Pay.

    Nomor Ponsel

  4. Cek sms verifikasi dan lihat dasbor utama Samsung Pay

    Jika proses diatas sudah berhasil, maka kamu akan mendapatkan sms dari DANA yang mengkonfirmasi bahwa akun DANA kamu telah berhasil ditambahkan ke aplikasi Samsung Pay. Buka halaman utama aplikasi tersebut dan pastikan ada logo DANA serta nomor ponsel kamu di menu beranda aplikasi tersebut.

    Samsung Pay V Dana

Bagaimana, mudah saja bukan menambahkan akun DANA di aplikasi Samsung Pay? Selanjutnya, kamu dapat menggunakan aplikasi Samsung Pay ini untuk melakukan transaksi serta melihat saldo DANA kamu lewat aplikasi ini.

Cara Mematikan fitur Quick Access

Sebagai salah satu payment gateway bawaan dari Samsung Android, kamu bisa memanfaatkan fitur Samsung Pay untuk pembayaran menggunakan QR code dan memasang widget aplikasi ini di home screen ponsel kamu. Untuk mematikan fitur buka cepat aplikasi Samsung Pay yang terkadang mengganggu bisa kamu matikan lewat cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi Samsung Pay
  2. Klik menu hamburger di pojok kiri atas aplikasi
  3. Pilih menu Settings
  4. Klik menu Quick Access di bagian atas
  5. Matikan toggle quick acces yang ingin kamu non-aktifkan
  6. Simpan pengaturan tersebut dengan mengklik SET
Matikan Pop Up Samsung Pay
Matikan fitur quick access Samsung Pay di bawa layar Android

Dengan mengikuti cara serta panduan gambar diatas, kamu dapat menghilangkan samsung pay di layar depan dan bawah layar ponsel Android.

Bisakah Mengganti Akun DANA di Samsung Pay?

Sampai tulisan ini dirilis, belum ada informasi apakah bisa mengganti akun DANA yang sudah pernah ditambahkan ke Samsung Pay. Hal ini dikarenakan apabila Anda mereset aplikasi Samsung Pay, saat membukanya kembali, Anda hanya perlu memasukkan PIN akun DANA hingga muncul akun yang sudah pernah kamu tambahkan sebelumnya.

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan mengganti nomor ponsel dengan yang baru. Sehingga akun DANA dan ponsel Android kamu akan tertaut dengan nomor lain dan secara otomatis kamu harus membuat akun DANA yang baru dengan nomor tersebut.

Bagaimana, mudah saja bukan menggunakan Samsung Pay dan mengintegrasikannya dengan akun DANA milik Anda? Jika ada masukkan atau saran setlah kamu mencoba tutorial ini, kamu bisa menyampaikannya lewat kolom komentar dibawah. Selama mencoba!

Tagged in:

, ,