Cara Memilih Jasa Freelancer yang Berkualitas

Semakin maraknya trend digital, maka bisnis model pun akan banyak yang berubah, tidak terkecuali sektor jasa.

Belakangan ini, sektor jasa lepas atau yang lebih umum dikenal dengan istilah freelance semakin marak. Tidak hanya dari sisi individu sang pencari projek lepas, tetapi juga dari pihak perusahaan.

Beberapa kategori jasa yang disediakan dalam bentuk freelance diantaranya adalah pembuatan website, jasa penulis lepas (content writer), video editor, hingga pemandu wisata.

Lalu, bagaimana cara kita dapat menemukan penyedia jasa freelance yang tepat sebagaimana yang kita inginkan? Berikut tips-tips dalam mencari jasa freelance, khususnya di daerah Bandung dimana pertumbuhan usaha terjadi cukup pesat.

Pastikan Freelancer memiliki Jam Terbang di Bidangnya

Dengan masif nya penggunaan teknologi informasi, tentu untuk mengetahui latar belakang seseorang bukanlah hal yang sulit.

Anda perlu melacak apakah si penyedia jasa ini memang sudah menguasai dan memiliki pengalaman yang cukup untuk proyek yang akan Anda berikan.

Cek Portofolio dan Testimoni Klien Sebelumnya

memilih freelancer berkualitasHari ini, untuk sekedar mengklaim sesuatu yang bagus bukanlah hal yang sulit. Selain mengecek karya yang telah dikerjakan oleh sang freelancer, penting juga untuk memastikan apakah karya nya orisinil sesuai pesanan klien sebelumnya.

Jika Anda mendapatkan ada klien yang tidak puas, tentu Anda harus berhati-hati.

 

Harga murah dengan Kualitas Mumpuni

Hal selanjutnya adalah harga yang ditawarkan. Biasanya, harga ini relatif terhadap pengalaman si penyedia jasa. Jika dia sudah berpengalaman dan memiliki banyak portofolio, wajar dia memator harga tinggi kan?

Oleh karenanya, baik jika Anda mau merekrut seorang pemula yang memiliki harga relatif murah, tapi Anda harus pastikan dulu si penyedia jasa punya skill minimum standar yang kamu butuhkan.

Tepat Waktu dan Kemudahan Berkomunikasi

Poin terakhir, tidak ada salahnya Anda membuat perjanjian kapan si penyedia saja bisa dikontak (apakah hanya di jam kerja atau boleh di luar jam kerja).

Ini penting mengingat merekrut jasa freelance seringkali membutuhkan revisi jika tidak sesuai pesanan kita. Oke, kira-kira itu tips cara menemukan jasa freelance yang berkualitas.

Leave a Reply

Close Menu