Suara Google yang merupakan hasil dari teknologi text to speech telah menjadi tren baru dikalangan pengguna WhatsApp saat ini. Hal ini dikarenakan, dengan membuat nada dering WA suara Google, seseorang bisa menjadikan notifikasi pesan di WA untuk menyebutkan nama pemilik ponsel tersebut.

Buat Suara Google tanpa Aplikasi

Dengan banyaknya pilihan aplikasi yang dapat menghasilkan suara Google secara online, kamu tidak perlu melakukan install aplikasi ataupun merekam suara Google Translate secara manual. Lebih dari itu, dengan memilih sound of text yang tepat, kamu bisa membuat suara Google baik wanita maupun pria. Ingin tahu bagaimana cara pembuatannya? Berikut step-by-step guide untuk membuat suara Google tanpa aplikasi di hp kamu:

Software Text To Speech Wideo
Software Text To Speech Wideo
  1. Buka aplikasi text to speech seperti Soundoftext.com, freetts.com, Botika.online, Voicemaker, atau Wideo.
  2. Masukkan tulisan yang ingin diubah menjadi suara notifikasi pada kolom putih yang tersedia
  3. Pilih bahasa atau jenis suara yang kalian inginkan. Jika mengingikan suara dalam bahasa Indonesia, kamu dapat memilih voice Indonesian
  4. Pilih jenis suara pria atau wanita berdasarkan namanya, untuk menghasilkan suara Google pria, kamu dapat menggunakan freeTTS (Standard-C), Wideo (Peter & Jack), atau Voice maker (Male)
  5. Tekan tombol Submit atau Convert untuk mengubah teks ke dalam format suara, lalu putar suara tersebut setelah muncul audio player hasil konversi
  6. Klik tombol Download MP3 atau yang semacamnya untuk mendapatkan file audio suara Google tersebut dalam format mp3

Mudah saja bukan membuat suara Google tanpa aplikasi di hp kamu? Selain cara ini bisa kamu gunakan untuk membuat nada dering WhatsApp, kamu juga bisa mengubah pesan teks ataupun dokumen yang kamu punya untuk diubah ke dalam format mp3 ataupun voice note WA.

Cara Mengganti Nada Dering WA Suara Google

Jika file mp3 yang kamu dapatkan dengan cara diatas nantinya ingin kamu pasang sebagai nada dering notifikasi WhatsApp, berikut panduan mengganti nada dering WhatsApp dengan suara Google yang sudah kamu unduh tadi:

  1. Pertama, buka aplikasi File Manager di ponsel Android yang kamu gunakan
  2. Cari folder Notifications yang biasanya terletak dalam root folder memori internal atau pun SD card hp kamu
  3. Pindahkan file mp3 suara Google dari folder Downloads ke folder Notifications
Simpan Nada Dering Mp3 Baru Di Android
Simpan Nada Dering Mp3 di folder Notifications
  1. Jika kamu tidak berhasil menerapkan cara diatas karena tidak menemukan folder yang dimaksud, kamu dapat menambahkan file MP3 tadi sebagai nada dering Android secara manual dengan masuk ke Settings Ringtone Klik Icon + > Pilih File mp3 lalu klik Done
  2. Selanjutnya, silakan buka aplikasi WA dan masuk ke Settings (Pengaturan) dengan cara klik icon titik tiga di bagian atas aplikasi dan pilih Settings (Pengaturan)
  3. Pilih menu Notifications > Notification tone lalu cari file MP3 yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Klik file MP3 suara Google tersebut dan nada dering WhatsApp kamu sudah berhasil menggunakan suara Google tanpa harus install aplikasi apapun.
Notif Wa
Cara mudah mengganti Notif Wa

Tidak sulit bukan memasang nada dering WA menggunakan suara Google? Cara ini juga bisa kamu kombinasikan dengan kalimat-kalimat yang unik atau bahkan memasukkan nama kamu ke dalam kolom text to speech agar nada dering WA bisa menyebutkan nama kamu sendiri. Mudah dan simpel saja bukan? Selamat mencoba sobat Emzeth!