Sebagai aplikasi chatting yang juga memiliki fitur telepon, Whatsapp memiliki nada dering default yang tentunya kita semua pasti sudah tidak asing lagi. Namun, terkadang nada dering ini sudah terlalu sering digunakan dan pengguna merasa bosan.

Pada akhirnya banyak orang yang ingin mengganti atau bahkan membuat nada dering sebut nama sendiri untuk WA ini. Akan tetapi apakah memungkinkan untuk mengubah nada dering WA? Jawabannya adalah sangat memungkinkan. Berikut caranya:

#1 Buat Sound Sendiri untuk Nada Dering WA

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan website voiceoftext.com. Dengan situs ini, kamu dapat membuat sound dengan tulisan dan bahasa kamu sendiri. Untuk bisa menjadi nada dering wa sebut nama, silakan tulis nama kontak yang ingin dipanggil dalam notifikasi wa nantinya. Berikut caranya:

Cara Buat Nada Dering Wa Sebut Nama Di Voiceoftext
Cara Buat Nada Dering Wa Sebut Nama Di Voiceoftext
  1. Pertama Anda harus masuk ke situsnya di voiceoftext.com
  2. Pada kolom text masukkan kalimat mengandung nama kontak yang akan Anda gunakan sebagai nada dering
  3. Pilih Bahasa Indonesia sebagai voice
  4. Klik submit
  5. Kalimat yang sudah Anda masukkan akan otomatis diubah ke audio
  6. Anda bisa mendengarnya atau bisa langsung menyimpannya untuk digunakan sebagai nada dering WA

Download Nada Dering Sebut Nama MP3

Dengan metode diatas, kamu bisa membuat sangat banyak nada dering menyebutkan nama. Berikut beberapa contoh mp3 nada dering sebut nama yang bisa langsung kamu dengarkan atau bahkan download untuk dipasang di ponsel Android masing-masing.

nada dering nama sendiri
nada dering sebut nama bahasa jawa
nada dering ada namanya

Lihat juga: Vo.codes Spongebob untuk Nada Dering WA

Cara Mengubah Nada Dering WhatsApp Sebut Nama

Selain membuat sendiri dengan bantuan aplikasi eksternal, Anda juga bisa mengubah nada dering WA dengan nada dering lain. Cara ini tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga dan bisa langsung Anda lakukan di aplikasi Whatsapp. Berikut caranya:

  1. Pertama buka aplikasi Whatsapp di smartphone Anda
  2. Di halaman chat, klik ikon tiga titik di bagian kanan atas layar untuk membuka lebih banyak opsi
  3. Pilih menu setelan atau pengaturan
  4. Klik dan pilih menu notifikasi yang memiliki ikon lonceng
Cara Ubah Nada Dering Wa
Cara Ubah Nada Dering Wa
  1. Akan ada tiga pilihan pada menu ini yaitu Nada Grup, Nada Pesan, dan Nada Panggilan. Pilih nada mana yang akan Anda ubah suara notifikasinya
  2. Untuk lebih spesifik mengatur nada dering sebut nama kontak, kamu bisa buka profil salah satu kontak wa dan klik menu Custom Notifications.
  3. Setelah itu, Anda akan diberikan banyak pilihan nada dering bawaan dari Whatsapp
  4. Klik opsi More Ringtones untuk menemukan lebih banyak nada dering
  5. Setelah mengetuk opsi More Ringtones, pilih nada dering sebut nama yang sudah Anda siapkan untuk digunakan sebagai nada dering
  6. Klik tombol Ok untuk mengkonfirmasi
  7. Nada dering sudah berhasil diganti

Sekarang cobalah untuk menerima telepon atau chat dari orang lain dan dengarlah bagaimana sekarang nada dering wa kamu sudah berubah dari sebelumnya. Untuk membuat nada dering ada namanya di ponsel iOS, kamu bisa membaca tutorial dibawah ini:

nada dering ada nama di iPhone

#2 Buat Nada Dering WA Sebut Nama Pengirimnya

Selain cara diatas, kamu dapat membuat nada dering wa yang menyebutkan nama pengirimnya menggunakan aplikasi Shouter Notification Reader. Aplikasi Shouter ini menggunakan teknologi berbasis text to speech converter dari Google. Sehingga, teks notifikasi WhatsApp yang muncul dapat diubah dalam bentuk suara yang dapat menyebutkan nama pengirim psan wa yang masuk.

Lewat aplikasi ini juga, pesan yang diucapkan dapat kamu ubah lewat menu kustomasi lanjutan. Semakin penasaran bukan, berikut langsung saja langkah-langkah menggunakan Shouter untuk membuat nada dering WA yang dapat menyebutkan nama pengirim pesannya:

Notification Reader Shouter
Notification Reader Shouter
  1. Install aplikasi Notification Reader: Shouter di Google Play Store dengan cara masuk ke tautan berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bhkapps.shouter.
  2. Jalankan aplikasi Shouter dan pilih opsi Izinkan (YES) jika muncul dialog box Notification Access (Important).
  3. Selanjutnya, masuk ke pengaturan akses notifikasi dan pilih Enable untuk mengaktifkan Shouter dalam mengakses notifikasi yang masuk ke ponsel kita.
  4. Setelah ketiga tahap diatas selesai, selanjutnya tinggal mengatur aplikasi apa saja yang akan menggunakan Shouter sebagai nada deringnya.
Enable Shouter Di Pengaturan
Enable Shouter Di Pengaturan
  1. Pada tahap kelima, buka aplikasi Shouter lalu pilih App Notification seperti gambar diatas, lalu klik centang pada kotak Enable.
  2. Klik menu Select App dan pilih aplikasi WhatsApp agar suara notifikasi Shouter dapat bekerja jika ada pesan WhatsApp yang masuk.
  3. Sampai disini, Anda sudah berhasil membuat nada dering WA yang menyebutkan nama kontak si pengirim pesan. Sebagai tambahan, kamu dapat mengatur bahasa pada menu Language, serta gaya bicara pada menu Voice Settings di aplikasi Shouter sesuai selera.
Pilih Aplikasi Whatsapp
Pilih Aplikasi Whatsapp

Mudah saja bukan menggunakan aplikasi Shouter Notification Reader rekomendasi Emzeth.com ini? Untuk membuatnya lebih personal dan keren, kamu bisa mengatur kata-kata yang akan diucapkan dengan bahasa sendiri yang lebih natural. Pengaturan ini dapat kamu buka di App Notification lalu pilih Customize your voice notification message, disana akan ada dua kolom yang dapat kamu isi dengan tulisan versi kamu sendiri.

Lihat juga: Cara Download Sound TikTok ke Aplikasi WhatsApp

Mengganti nada dering menyebut nama kontak pada Whatsapp tentu saja akan sangat menyenangkan karena Anda tidak lagi bosan dengan nada yang itu-itu saja. Lebih menarik lagi, kamu sudah tahu siapa pengirim pesan wa dari suara notifikasi tanpa harus membuka ponsel terlebih dahulu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!