Download Suara Google dari Text, Bisa Jawa, Anak Kecil, Pria Wanita

Daftar isi [Tampil]

Buat kamu yang sudah tahu Sound of text, pasti tidak asing lagi dengan suara robot alias text-to-speech Google. Nah, lewat tulisan ini, kami akan memberikan variasi suara Google yang jauh lebih unik, yaitu suara Google dalam bahasa Jawa hingga logat menyerupai anak kecil.

implementasi teknologi text to speech suara google
implementasi teknologi text to speech suara google

Text-to-speech Berbagai Variasi Suara

Dengan hadirnya program text to speech yang menggunakan teknologi natural neural network, tulisan yang kamu miliki bisa diubah ke dalam bentuk ucapan manusia dengan gaya bicara yang berbeda-beda. Penasaran bagaimana caranya, silakan ikuti langkah-langkah konversi tulisan ke dalam bentuk suara berikut ini:

  1. Siapkan kata-kata yang ingin diubah menjadi suara
  2. Jika kamu ingin ucapan dalam bahasa Jawa, gunakan Google Translate, Pilih bahasa Jawa, dan klik icon speaker yang ada dibagian bawah text box untuk mendengarkan sound of text bahasa Jawa.
    suara bahasa Jawa di Google Translate
    suara bahasa Jawa di Google Translate

  3. Dengan cara nomor 2 diatas, kamu belum bisa mendapatkan suara tersebut dalam format MP3. Untuk mendownloadnya, gunakan tools online-voice-recorder.com dan rekam suara sebelum kamu menekan icon speaker di halaman Google Tranlate tadi.
  4. Untuk gaya bicara yang lebih unik seperti suara kartu SpongeBob, tokoh-tokoh anime, bahkan logat presiden Donald Trump, kamu bisa menggunakan vo.codes.
    konversi teks ke suara kartun

  5. Caranya tidak begitu sulit, silakan pilih jenis suara yang ingin kamu dengar mulai dari Cartoons, Celebrities, hingga Politicians. Selanjutnya, tinggal pilih suara tokoh apa yang ingin kamu gunakan dalam kategori tersebut. Jika sudah, tekan tombol Speak dan kamu bisa merekam suaranya menggunakan cara nomor 3 untuk mngunduh ucapan tersebut dalam format file mp3.
  6. Ingin text to speech unik yang lebih mudah? Kamu bisa memanfaatkan VoiceMaker.in yang mendukung sangat banyak bahasa serta memiliki variasi efek serta model suara yang berbeda. Kamu bisa memilih mulai dari gaya bicara wanita, pria, hingga anak-anak dengan aplikasi VoiceMaker ini.
    cara buat suara google mirip anak kecil
    cara buat suara google mirip anak kecil

  7. Salah satu keunggulan VoiceMaker dibanding ketiga aplikasi text to speech yang sudah kami sebutkan sebelumnya, hanya VoiceMaker yang dapat langsung menyediakan suara dalam format MP3 yang siap untuk diunduh. Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi merekam suara dengan aplikasi recorder. Mudah saja bukan?

Implementasi Teknologi Text-to-speech ala Google Machine Learning

Dengan cara yang sudah dijelaskan diatas, kamu dapat menggunakan file suara Google dalam format MP3 tersebut untuk beragam keperluan seperti suara di video TikTok/IG, suara notifikasi pesan masuk di WhatsApp, atau bahkan untuk membacakan e-book jika kamu malas membacanya secara langsung.

Tentu teknologi text to speech saat ini masihlah tahap awal dan masih sangat terbatas implementasi di keseharian kita saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi, bukan tidak mungkin suara Google atau robot Siri akan menjadi teman dalam aktivitas kita sehari-hari. Menarik bukan memanfaatkan teknologi text to speech di masa-masa awal kemunculannya saat ini?