Cara Daftar Akun Taobao dari Indonesia [Tips n Trik]

Daftar isi [Tampil]

Dunia startup saat ini tengah berada dalam masa kejayaannya. Dibuktikan dengan tingginya persaingan antar tiap Negara, untuk menghasilkan perusahaan rintisan yang mampu berinvasi ke berbagai belahan dunia. Persaingan ini diadopsi pula oleh Negara China, salah satunya melalui pengembangan e-commerce handal, yang disebut sebagai Taobao.

Cara Mendaftar Akun Taobao

Taobao merupakan cabang usaha yang dimiliki oleh Alibaba, yaitu salah satu perusahaan dengan valuasi tertinggi di dunia. Taobao saat ini diketahui sebagai salah satu e-commerce ternama, yang tak kalah saing dengan Amazon maupun eBay. Berikut adalah penjelasan mengenai cara pembuatan akun Taobao Indonesia.

cara daftar taobao indonesia
cara daftar taobao indonesia

Masuk ke situs

Registrasi dimulai dengan membuka laman www.tabao.com. Setelahnya akan muncul halaman depan Taobao layaknya beranda e-commerce yang biasa Anda temui. Namun dalam tahap ini seluruh keterangan situs masih menggunakan bahasa China.

Merubah bahasa

Untuk memudahkan Anda berselancar di Taobao, maka sebaiknya melakukan perubahan bahasa terlebih dulu. Cara pertama adalah dengan mengartikan tiap kata penting yang Anda inginkan menggunakan Google Translate. Tentu saja dengan teknik manual, dengan melakukan copy dan paste tiap kalimat.

Cara kedua adalah dengan mengakses Taobao menggunakan Google Chrome. Pada laman depan Taobao, gunakan klik kanan dan pilih translasi ke bahasa Inggris. Maka seluruh halaman akan berubah menggunakan bahasa Inggris, mulai dari sub menu hingga ke barang-barang yang tersedia. Cara ini relatif lebih mudah dan cepat.

Lakukan verifikasi

Langkah selanjutnya adalah melakukan register pada menu yang terletak di bagian atas kanan. Ketika diklik, Anda akan masuk ke laman pendaftaran yang berisi format pengisian identitas. Tahap awal meminta Anda untuk mengisikan data nomor telepon. 

daftar akun taobao secara online
daftar akun taobao secara online

Taobao telah menyediakan kode telepon untuk tiap Negara yang bisa Anda pilih. Untuk Indonesia, Anda menggunakan kode +62. Setelah memasukkan nomor telfon, Anda harus melakukan verifikasi terlebih dulu untuk memastikan keaktifannya.

Nomor telfon yang disetujui akan mendapat label verifikasi dengan warna hijau. Jika belum, maka terus lakukan refresh, sampai situs Taobao memberikan lampu hijau. Di tahapan berikutnya, Anda akan menerima kode OTP dari pihak Taobao, yang harus diketik dalam kolom yang tersedia.

Sama seperti etika OTP secara umum, jangan pernah bagikan nomor penting ini ke pihak ketiga.

Pengisian Informasi

Proses berikutnya adalah pengisian informasi personal, termasuk di dalamnya pembuatan kata sandi, penyertaan email aktif, dan pemilihan username. Jika sudah lengkap dan sesuai, klik pilihan submit.

Pendaftaran selesai

Jika semua tahapan di atas sudah rampung, Anda akan menerima notifikasi bahwa proses registrasi sudah berhasil. Untuk mulai berbelanja, Anda cukup kembali ke bagian beranda dan lakukan log in dengan username dan password yang sebelumnya telah dibuat.

Itulah tahapan pembuatan akun Taobao dari Indonesia. Situs belanja ini dapat melakukan pengiriman barang ke seluruh dunia, karena itu Anda bisa berselancar dengan tenang, tanpa khawatir tentang paket yang tidak sampai.